Senin, 28 Januari 2013

10 NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA



10 NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA
v  Jibril, yaitu malaikat penyampai wahyu dari Allah kepada nabi-nabinya.
>"Katakanlah (muhammad), barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al-Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman". (QS.al-baqarah:97).
Jibril juga dinamakan:
•Ar-ruh al-amin,
"dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril)" (QS.As-syuara':193).
•Ruh al-quds,
"Katakanlah (muhammad), ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar..." (QS.An-nahl:102).
•An-namus,
Seperti perkataan Waraqah bin naufal pada Rasulillah saw dimasa awal turunnya wahyu: "Ini An-namus yang menurunkan pada Musa".
v  Mikail, yaitu malaikat yang diwakilkan untuk urusan hujan, laut, sungai dan rizki.
v  Israfil, yaitu malaikat yang diwakilkan untuk meniup sangkakala dengan dua tiupan, tiupan pertama untuk membinasakan makhluk kecuali yang dikehendaki-Nya, dan tiupan kedua untuk membangkitkan seluruh makhluk.
"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)" (QS.Az-zumar:68).
v  Azra'il/izra'il, yaitu malaikat yang diwakilkan untuk menjabut atau mengambil ruh, dan dia mempunyai beberapa penggawa.
"Katakanlah, Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan" (QS.As-sajdah:11).
"...sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya" (QS.Al-an'am:61).
v  Munkar dan Nakir, yaitu dua malaikat yang dipasrahi untuk menanyai hamba di kuburnya seputar tauhid, agama, dan kenabian.
Dari abi hurairah ra berkata, Rasulullah saw berkata: "ketika mayit -atau berkata: diantara kalian- dikuburkan, maka didatangi dua malaikat yang hitam nan tajam (kedua matanya), dikatakan pada salah satunya Munkar, dan lainnya Nakir" (HR.Turmudzi dalam kitab sunannya).
>Qila: sungguh orang beriman ditemani mubasyir (malaikat baik).
>Shahih: sungguh Munkar dan Nakir untuk orang mukmin dan lainnya, hanya saja bila mendatangi mukmin bersifat lemah lembut tanpa membentak dan mengagetkan
v  Rakib dan 'Atid, yaitu dua malaikat yang mencatat amal, salah satunya diarah kanan hamba yang mencatat kebaikan, dan lainnya diarah kiri yang mencatat keburukan.
"...Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.
(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.
Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir" (QS.Qaf:16-18).
v  Malik, yaitu malaikat yang diwakilkan di neraka yang berjumlah tujuh; jahanam, ladzo, huthamah, sa'ir, saqar, jahim, dan hawiyah. Malik disertai malaikat Zabaniyah yang berjumlah 19 golongan. Ditiap golongan ada beberapa penggawa yang tidak diketahui jumlahnya selain Allah.
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan" (QS.At-tahrim:6).
"Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu?
Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.
(Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.
Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).
Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat" (QS.Al-mudattsir:27-31).
v  Ridlwan, yaitu malaikat yang diwakilkan untuk mengurus surga yang berjumlah tujuh, yaitu firdaus, ma'wa, khuld, na'im, 'adn, darussalam, darul jalal.
──────────────
KESIMPULAN:
Malaikat adalah mahluk Allah yang tidak boleh disifati seperti halnya manusia. Artinya tidak melalui perantara bapak atau ibu, tidak makan, tidak minum, tidak tidur. Dan juga tidak boleh disifati laki-laki atau perempuan.

Barangsiapa berkeyakinan bahwa malaikat adalah laki-laki, maka dia orang pembuat bid'ah yang fasiq. Bahkan bisa dikhawatirkan kafir.
"Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan..." (QS.Az-zukhruf:19).
[Jala' al-afham syarh aqidatul 'awam:55-51, karya As-sayid muhammad bin alwi bin abbas al-maliki al-maki al-hasani].
v   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar